7 Khasiat Daun Handeuleum Bagi Kesehatan

Manfaat daun handeuleum di kenal mempunyai faedah juga sebagai obat wasir (ambeien). Walau demikian sesungguhnya masih tetap ada faedah yang lain dari daun itu. Daun ini dapat di kenal dengan nama daun wungu atau daun ungu di banyak daerah di Indonesia. Tumbuhannya yaitu termasuk juga tanaman liar yang umum tumbuh di pedesaan serta terkadang dipakai juga sebagai tanaman hias. Bakal pas apabila tumbuh pada ketinggian seputar 1. 250 m dpl.

Daridunia.com
Manfaat Daun Handeuleum

Tanaman itu datang dari Papua atau Polynesia serta termasuk dalam keluarga tanaman Acanthaceae Tumbuhan ini mempunyai tanda-tanda batang yang warnanya ungu, tegak, memiliki ukuran kecil, tinggi dapat meraih 3 mtr.. Bunganya tersusun dalam satu rangkaian tandan warnanya merah tua. Sedang untuk daunnya mempunyai susunan posisi yang sama-sama bertemu.

Kandungan Handeuleum

Tumbuhan ini mempunyai sebagian kandungan seperti :
Steroid
Tanin
Glikosid
Flavonoid
Alkaloid non-toksik
Kalsium oksalat
Saponon
Lemak
Asam Format

Kandungan terebut bikin tanaman ini mempunyai karakter anti inflamasi serta dipakai juga sebagai obat wasir, peluruh kencing, pelembut kulit kaki, obat bisul, melunakkan feses serta pencahar enteng.

Faedah Daun Handeuleum untuk Kesehatan

Seseorang mahasiswa peneliti dari IPB (Institut Pertanian Bogor) bernama Aziz Nuraditya yang disebut anggota peneliti Program Ketrampilan Analisa Kimia, nyatanya terkecuali juga sebagai ambeien daun ini dapat juga dipakai juga sebagai obat diabetes. Menurut hasil riset, didalam badan enzim a-glukoidase bakal menolong memecah rantai polisakarida di ikatan a (1-6) pada tiap-tiap titik percabangan yang tidak dapat dipecahkan dengan enzim amilase. Kesibukan dari enzim itu dapat membuahkan polimer a (1-4) tak bercabang serta 1 glukosa.

Senyawa itu bakal memperlambat sistem pencernaan pati didalam usus halus. Hal semacam itu bikin glukosa dari makanan serta pati bakal masuk aliran darah lebih lambat dan dapat sesuai jadi lebih efisien oleh sensitivitas insulin atau masalah tanggapan. Jika kerja enzim tadi terhalang, jadi sistem konversi karbohidrat jadi zat glukosa bisa ditekan.

Terkecuali hal semacam itu, daun handeuleum juga menaruh faedah yang lain, salah satunya yaitu untuk :
Menyembuhkan sembelit
Mengobati demam disebabkan perut kotor
Menyembuhkan batu empedu
Memperlancar haid
Menyingkirkan bengkak disebabkan terpukul
Memperlancar buang air kecil
Menyembuhkan reumatik