Ragam Manfaat dari Daun Kenikir Bagi Kesehatan Tubuh

Selamat pagi sahabat daridunia.com, dipagi yang cerah seperti ini cocok untuk bersantai sambil membaca artikel yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. tapi jangan lupa berkerja yah. berbicara masalah kesehatan tubuh saya rasa sangat penting untuk dijaga. kali ini saya akan memberikan informasi tentang ragam manfaat daun kenikir bagi kesehatan tubuh. Kenikir adalah tumbuhan tahunan yang berbatang pipa dengan garis-garis yang membujur. Tingginya dapat mencapai 1 m dan daunnya bertangkai panjang dan duduk daunnya berhadapan, sehingga terbagi menyirip menjadi 2-3 tangkai.Baunya seperti damar apabila diremas. Bunganya tersusun pada bongkol yang banyak terdapat di ujung batang dan pada ketiak daun-daun teratas, berwarma oranye berbintik-bintik kuning di tengah-tengahnya, dan bijinya berbentuk paruh.

Daridunia.com
Ragam Manfaat daun Kenikir

Kandungan yang terdapat dalam daun kenikir

Daun kenikir kandungan yang sangat komplek diantaranya daun kenikir mempunyai kemampuan antioksidan yang sama dengan 2400 miligram asam L-askorbik. Lebih dari dua puluh jenis bahan antioksidan telah dikenal pasti dalam kenikir. Bahan-bahan antioksidan yang utama disebabkan oleh adanya sejumlahproantosianidin yang wujud sebagai dimer, melalui heksamer, kuersetin glikosida, asam klorogenik, asam neoklorogenik, asam kripto-klorogenik, serta penangkap (+)-. Kemampuan kenikir untuk mengurangi tekanan oksidatif mungkin sebagiannya terdiri daripada kandungan antioksidajnya yang tinggi. Dan juga, tumbuhan ini mengandung zat kimia yang mengandung minyak atsiri, saponin danflavonoida polifenol.

Berdasarkan kajian tempatan, kenikir mengandung 3 persen protein, 0,4 persen lemak dan karbohidrat serta kaya dengan kalsium danvitamin A. Senyawa yang bersifat antioksidan dapat memacu proses apoptosis melalui jalur intrinsik (jalur mitokondria). Bukan hanya sebagai anti aksidan daun kinikir juga memliki khasiat sebagai obat maag dan meningkatkan nafsu makan.

Bagi sahabat yang memiliki penyakit maagh tidak salahnya kita mengatasi atau mengobatinya dengan menggunakan daun kenikir sebagai obatnya. selain sebagai obat magh daun kenikir pula dapat meningkatkan nafsu makan. untuk sahabat yang mengalami penurunan nafsu makan, atau sahabat memiliki anak yang susah makan, silahkan gunakan daun kenikir untuk menambah nafsu makan sikecil. untuk membuat resep dalam mengobati sakit magh dan meningkatkan nafsu makan berikut resepnya.

Resep daun kenikir dalam mengobati sakit magh dan meningkatkan nafsu makan

yang pertama yaitu resep daun kenikir dalam mengobati sakit magh.
bahan-bahan yang harus disiapkan:

  1. daun kenikir
  2. kunyit
  3. daun lidah buaya
  4. madu dan
  5. air secukupnya
Cara meraciknya:
langkah yang peling awal yaitu rebus dahulu air kedalam panci sampai mendidih, siapakan daun kenikir yang sudah dicuci bersih dan daun kenikir yang masih muda. masukan kedalam rebusan air mendidih. sediakan daun lidah buaya, kupas dan ambil daging dalamnya kulit luar buang saja. potong dadu dan masukan kedalam rebusan air. ambil kunyit kemudian kupas dan tumbuh atau geprek dan masukan ke dalam air rebusan. setalah air berubah warna ambil dan masukan kedalam gelas setalah itu tambahkan madu secukupnya. minumlah ramuan tersebut 3 kali sehari.

yang kedua resep daun kenikir untuk meningkatkan nafsu makan.
bahan-bahan yang disiapkan adalah:

  1. daun kenikir
  2. buah pepaya
  3. madu
  4. air secukupnya

Cara meraciknya:
langkah pertama, sediakan bleder sebagai penghalus masukan daun kenikir yang sudah dicuci bersih. sediakan buah pepaya kupas dan potong-potong seperti dadu, kemudian masukan kedalam blender. tambahkan air agar mudah untuk mengahaluskannya. setelah halus masukan kedalam gelas lalu tambahkan 2 sedok madu. ramuan sudah jadi dan siap untuk dikonsumsi.

Sumber:
wikipedia.org