Manfaat Daun Antanan (Pegagan) dalam Mencegah dan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, dan Cara Membuat Ramuannya terbaru

Manfaat Daun Antanan (Pegagan) dalam Mencegah dan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, dan Cara Membuat Ramuannya terbaru

daridunia.com
Manfaat Daun Antanan
Manfaat Daun Antanan (Pegagan) dalam Mencegah dan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi – Daun pegagan atau antanan merupakan daun yang jarang dikenal oleh masyarakat luas. Daun tersebut asing terdengar, padahal tanaman antanan atau pegagang sering kita lihat hanya saja masyarakat tidak paham dengan nama pegagan. Daun antanan atau pegagan ternyata banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita terutama bagi tekanan darah tinggi. Jika anda mengalami tekan darah tinggi, silahkan anda gunakan daun ini untuk menurunkannya dan yang belum terkena bisa untuk mencegahnya.

Sangat praktiskan dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Daun antanan memiliki senyawa aktif yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita, diantara senyawa aktif tersebut adalah sebagi berikut : Glikosida triterpenoida, kalium, Carotenoid, Triternoid merupakan senyawa utama untuk merelaksasi otak dan Brahminoside adalah protein yang mimiliki peran penting untuk sel otak serta Asiaticoside yaitu berfungsi utnyuk system imun tubuh. Itu dia diantara senyawa aktif yang bermanfaat bagi tubuh kita dalam menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat daun pegagan sangat banyak sekali tetapi kali ini saya akan membahas manfaat daun pegagan atau daun antanan sebagai obat alaternatif dalam mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi. Dalam mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi kita perlu membuat ramuan atau obatnya, berikut langkah langkah atau cara membuat ramuan atau obat dari daun pegagan atau antanan. 

Resep membuat ramuan dari daun Pegagan atau Antanan

Untuk membuat resep ramuan tersebut berikut langkah-langkahnya, mohon disimak:
Bahan-bahan:
1. Daun pegagan sebanyak satu genggam
2. 5 batang tapak lima
3. Daun jinten hitam sebanyak ½ genggam
4. Madu sebanyak 1 sedok makan
5. Air putih sebanyaknya.

Cara membuatnya:
Langkah pertama kita siapkan wadah untuk memasak bahan-bahan diatas berupa panci atau sejenisnya, taungkan air kedalam panci dan rebus bersamaan dengan itu masukan daun pegagan, batang tapak lima dan jaun jintrn secara bersamaan. Setelah masak angkat dan tiriskan, tetapi jangan lupa untuk menyaringnya. Masukan kedalam gelas air rebusan tersebut kemudian tambahkan Madu secukupnya agar menambah cita rasa dari ramuan tersebut. Minumlah ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari pagi dan sore hari.