Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengobati Batuk dan Resep Cara Membuat Obatnya secara Tradisional

Obat Kesehatan Keluarga ~ Manfaat Jeruk Nipis untuk Mengobati Batuk dan Resep Cara Membuat Obatnya secara Tradisional. Sering sekali kita mendengar nama jeruk nipis dikehidupan sehari-hari. Jeruk nipis tersebut banyak kita jumpai dimanapun karena tanaman tersebut mudah sekali tumbuh di sekitar lingkungan kita. Jika kita mau menanamnya pasti akan tutup besar dan bermanfaat bagi kita. 

Jeruk nipis banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita dan salah satunya Jeruk nipis bermanfaat untuk mengobati batuk. Jeruk nipis banyak mengandung vitamin C dan cocok untuk mengobati batuk, walaupun rasanya cukup asam tetapi buah tersebut sangan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.



daridunia.com
Jeruk Nipis untuk Mengobati Batuk
Jeruk nipis merupakan buah yang banyak dicari oleh orang, karena manfaat dari buah jeruk nipis tersebut sehingga banyak yang mencarinya terutama untuk obat batuk. Batuk bisa disembuhkan dengan buah tersebuh. Ada satu lagi obat untuk batuk yaitu kunyit. Akan tetapi kali ini kita cukup bahas tentang manfaat buah jeruk untuk mengobati batuk.

Bukan rasian umum lagi jika jeruk nipis bisa atau berkhasiat untuk mengobati batuk berdahak atau batuk biasa. Batuk merupakan penyakit yang sering terjadi dimasyarakat luas, batuk tidak pandang bulu. Bisa menyerang siapapun dan golong manapun. Bisa saja batuk tersebut bisa menyerang bayi, balita, anak-anak, orang dewasa bahakan lansia. Karena atas dasar tesebut saya akan membrikat resep cara membuat obat tradisional untuk mengobati batuk dengan menggunakan buah jeruk.


Resep membuat obat batuk dari Jeruk Nipis


Dari penjelsan diatas tadi, sekarang saatnya kita masuk ke pembahasan cara membuat resep obat batuk dari jeruk nipis. Mari kita simak langka-langkanya:



  1. Sediakan buah jeruk nipis yang segar dan sudah masak,yaitu berukuran 2-3cm 
  2. Sediakan juga kecap manis yang kualitas nomer 1
  3. Bersihkan semua jeruk nipis dan simpan di kulkas
  4. Ambil 5 buah jeruk nipis dan potong- potong menjadi 2 bagian
  5. Peras jeruk tersebut menggunakan pemeras jeruk dan masukan kedalam mangkok
  6. Air jeruk yang sudah diperas kemudian disaring agar bijinya tidak ikut tercampu
  7. Tambahkan kecap secukupnya, biasanya cukup berikan 3 sendok makan 
  8. Langkah terakhir minumlah ramuan tersebut sebanyak 3 kali sehari agar hasil yang diharapkan maksimal.


Cara lain untuk mengatasi batuk dengan jeruk nipis yaitu dengan cara jeruk nipis diberi kapur sirih dan gulan secukupnya. Yaitu dengan cara bela jeruk nipis menjadi 2 bagian lumuri dengan kapur sirih dan gula kemudian bakar sejenak  sampai berbui. Setelah dbakar peras lalu mimum perasannya. Cukup mudahkan cara membuatnya, saya yakin anda bisa melakukannya dirumah. Slam Obat Kesehatan Keluarga