Aneka Manfaat Pisang Merah bagi Kesehatan Tubuh kita

:: Aneka Khasiat Pisang Merah ::

Kamu pernah liat pisang merah? Atau sudah pernah makan? Pisang merah adalah salah satu bagian dari genus Musa—pisang-pisangan—berserat tinggi, rendah kalori, baik untuk diet, mencegah penyakit jantung dan diabetes. Sayang, spesies ini sulit ditemui di Indonesia. Padahal, penghasil pisang ini adalah benua Asia dan Amerika Selatan. Bagi orang Sri Lanka, pisang merah adalah pisang termahal dan terlezat.

Daridunia.com
Aneka manfaat Pisang merah
Jenis pohon pisang yang buahnya berwarna kemerahan ini setidaknya ada dalam 11 spesies. Namun, pisang merah yang paling familiar adalah spesies Musa acuminata (AAA Group) 'Red Dacca'. Pisang merah sangat jarang kita jumpai di Indonesia. Penduduk Jakarta bisa melihat pisang merah di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pisang di TMII berasal dari spesies Musa velutina H. Wendl. & Drude. Di Malaysia, kita lebih mudah menemukannya.

Memang sih pisang merah ini sangat jarang kita temui di Indonesia. Namun apa salahnya kita mencoba jenis pisang ini yang memiliki 16% kebutuhan serat manusia. Pisang merah sendiri sangat populer di negara Taiwan. Cukup merogoh kocek 96NT kamu sudah dapat memperoleh 5 buah pisang.

Di bawah ini akan kami tampilkan segudang manfaat yang dapat kamu alami saat mengkonsumsi pisang merah.
1. Sangat Rendah Kalori
2. Kaya Serat
3. Sumber Kalium
4. Sumber Vitamin B6
5. Sumber Vitamin C
6. Sebagai Sumber Energi
7. Mampu Mencegah Batu Ginjal
8. Menurunkan Kadar Asam Lambung


1. Sangat Rendah Kalori

Pisang merah dikenal punya kandungan kalori yang rendah. Satu pisang merah ukuran sedang hanya mengandung 110 kalori. Kita tidak perlu khawatir berlebihan kalori jika sedang menjalani diet.

2. Kaya serat

Pisang merah membantu kita memenuhi kebutuhan serat harian. Satu pisang merah ukuran sedang, memiliki empat gram serat memenuhi 16% kebutuhan serat harian diperlukan tiap hari. Serat adalah jenis karbohidrat tubuh Anda tidak dapat dicerna. Perempuan memerlukan sekitar 20 gram serat per hari. Laki-laki 30 gram/hari. Karena kita tidak dapat mencernanya, serat memperlambat proses pencernaan. Ini membantu kita merasa kenyang lebih lama dan mengontrol berat badan. Selain itu, menurut penelitian, pisang merah menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Serat merupakan sejenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna organ tubuh. Peniliti menyatakan bahwa seorang wanita membutuhkan setidaknya 20 gram serta per hari sedangkan pria membutuhkan 30 gram per hari.

3. Sumber Kalium

Pisang merah adalah sumber potassium yang baik. Satu pisang ukuran sedang mengandung 400 mg Kalium. Ini berarti setara 11% kebutuhan Kalsium harian. Kalium adalah mineral dan elektrolit. Kita perlu asupan kalium yang memadai untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit. Kita juga perlu kalium untuk fungsi jantung, kontraksi otot, dan pencernaan.
Tahukah kamu apa Kalium? Kalium adalah zat mineral dan elektrolit yang membantu menjaga keseimbangan tubuh. Selain dari pada itu kalium juga berfungsi terhadap jantung, kontraksi otor dan sistem pencernaan.

4. Sumber Vitamin B6

Vitamin B6 adalah vitamin larut air yang dibutuhkan untuk metabolisme protein dan metabolisme sel darah merah. Vitamin B6 baik untuk membuat haemoglobin. Atau, protein yang mengandung zat besi dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen. Kekurangan vitamin B-6 dapat menyebabkan anemia. Pisang merah memenuhi 20% kebutuhan harian vitamin B-6.

Apabila kamu sering pusing-pusing, maka itu tandanya terserang penyakit anemia. Yang secara langsung kekurangan vitamin B6. Dengan mengkonsumsi pisang merah, maka secara tidak langsung akan membantumu dalam memperoleh vitamin B6.

Setiap pisang merah yang kamu konsumsi setiap hari maka sudah memenuhi kebutuhan vitamin B6 sebesar 20 persen dari nilai harian kamu.

5. Sumber Vitamin C

Tentu saja, pisang merah juga sumber vitamin C. Vitamin C penting bagi pertumbuhan, kekebalan tubuh, dan produksi kolagen. Vitamin C juga antioksidan yang menawarkan perlindungan terhadap radikal bebas, yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

6. Sebagai Sumber Energi

Makan pisang merah akan menghindarkan kamu dari kelesuhan karena pisang jenis ini memiliki kandungan gula alami sehingga dapat dijadikan sebagai sumber energy secara instan.

7. Mampu Mencegah Batu Ginjal

Sebagaimana poin no. 3 diatas, mengkonsumis pisang merah dapat mencegah batu ginjal, serangan kanker dan jantung. Dengan mengkonsumsi sedikitnya satu buah per hari maka sudah dapat membantu kamu meningkatkan kesehatan tubuh dan tulang.

8. Menurunkan Kadar Asam Lambung

Sangat penting sekali bagi kamu penderita maag. Memang pada kenyataanya naiknya kadar asam lambung sungguh tidak mengenakkan. Namun kamu jangan khawatir, dengan mengkonsumsi pisang merah maka akan dapat meredakan asam lambungmu, sebab pisang ini memiliki sifat antacid di dalamnya.

Begitu banyaknya manfaat yang dimiliki pisang merah, maka tidak diragukan lagi untuk kita mencicipinya sedikit. semoga informasi ini bisa membantu anda